Magang di Amerika

Hello!

Kali ini aku akan cerita hal yang beda dari sebelumnya. Karena aku anak kuliahan, jadi pasti akan cari tempat untuk magang. Hmm.. Tapi aku ga mau magang yang “biasa” aja. Aku pengen sambil magang, aku juga bisa menjalani hobiku, traveling! Tentunya traveling ke negara baru yang belum pernah aku kunjungin. And… here it comes.. USA! Liburan (setelah) semester 5, tepatnya Januari 2016, aku dapet kesempatan untuk magang di KBRI Washington, DC, USA. Magang di KBRI merupakan salah satu impiaku. Aku magang di sana selama sebulan di salah satu divisi yang tentunya linear dengan jurusan yang aku ambil di kampus. Kebetulan ada temen papaku yang kerja di KBRI juga, jadi selama 2 bulan aku diperbolehkan tinggal sama beliau dan keluarganya. Abis, dari pada sewa rumah, di Amerika semua serba mahal. Sebulan bisa 16 juta 🙁 Belum makan, transport dll

Jadi, aku sampe DC seminggu sebelum aku magang. Biasa, mau jalan-jalan dulu, hehe. Terus mau ngunjungin kakakku yang lagi  riset di Nashville (ini bakal aku ceritain di post berikutnya ya).

Selama sebulan magang di KBRI, aku banyak banget dapet pengalaman baru. Karena aku kuliah jurusan PR, aku di KBRI bisa ngerasain gimana rasanya jadi PR di kedutaan. Tugas atau kerjaan yang aku kerjain lumayan banyak, tapi aku seneng! Karena dapet pengalaman baru dan ilmu yang selama ini aku pelajari di kampus kepake 😀 Misalnya kayak bikin jawaban untuk pertanyaan pers dari majalah di Amerika, maintain dan nge-audit media sosial punya KBRI, balesin surat masyarakat Amerika buat dubes Indonesia, bikin press release, riset, dll. Tentunya semua dikerjakan dalam bahasa Inggris. Dan aku seneng, karena bisa improve English-ku, dan latihan menulis yang baik.

Ruang kerja di KBRI

Pas hari terakhir magang di KBRI, aku beli banyak kartu ucapan buat aku bagiin ke semua employee KBRI. Di dalemnya aku tulis kesan-pesan dan terimakasih aku untuk mereka semua. Aku bener-bener ngerasa enjoy magang di KBRI. Semua employee bikin aku ngerasa nyaman, ga takut untuk coba hal baru dalam pekerjaan, mereka selalu sedia bantu aku kalo kesulitan. Ga cuma itu, mereka juga ngajak makan-makan untuk perpisahan buat aku. Super seneng, baru sebulan rasanya udah jadi part of them :’) Terima kasih semuanya :’D

Foto perpisahan sama semua employee di divisiku

Farewell lunch

Farewell lunch

Foto di iconic place-nya KBRI DC

Setelah selesai masa magang, aku selama seminggu extend ke West Coast, naah aku akan ceritain di post selainjutnya yaa! Dimana aku backpacking sendirian ke sana.

Itu dia pengalamanku magang di KBRI DC. Semoga menginspirasi kalian ya!

5 replies
  1. Fauzi
    Fauzi says:

    Hi, aku seneng baca ceritamu yang magang di KBRI Washington, aku berminat untuk melakukan magang disana tahun depan. Saya ingin menanyakan untuk Visa, saat di interview jawabnya apa ya “purpose for coming to USA?” Apakah langsung jawab untuk internship atau vacation? Dan juga tipsnya untuk apply visa USA tapi untuk Internship di KBRI, Terimakasih! Semoga kamu membalas komenku ya!

    Reply
  2. Fauzi
    Fauzi says:

    Terimakasih banyak sudah dibalas, dan satu lagi, saya tahun depan memiliki minat yang sama untuk magang disana, yang saya bingung dari skrng adalah harus kemana saya mengirim email. Yang saya baca harus mengirim email ke Atikbud Washington DC, hanya saja saya tidak tahu harus kesiapa, seandainya saya boleh tahu. Waktu kamu apply magang disana kirim email ke embassynya kemana yaa? Seperti mulai menanyakan soal requirements dan lain lain, kalo boleh emailnya dikirim lewat email saya saja ya untum lebih baiknya fauzi.luthfi@gmail.com , terimakasihh 🙂

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *