Konferensi Internasional di Amerika

Di bulan Ferbuari 2017, aku mendapatkan kesempatan untuk mewakili Indonesia di sebuah konferensi di Amerika. Konferensi ini diselenggarakan oleh Harvard University, Harvard Project for Asians and International Relations (HPAIR) atau biasa disebut sebagai Harvard Asia Conference.

Ini merupakan pengalaman ke dua ku mengikuti HPAIR. Tahun 2016, aku sempat mengikuti HPAIR yang dilaksanakan di Hong Kong, dan tahun ini sangat beruntung dapat hadir lagi, di universitas Harvard nya langsung. Seneng banget rasanya, bisa menginjakkan kaki di University of Harvard! :’)

Johnston Gate Harvard University

Harvard University

John Harvard Statue

Harvard University

Aku selalu seneng ikut international conference, karena di sana lah ajang dimana aku sebagai generasi muda dapat menuangkan ide-ide dan berdiskusi mengenai current issues bersama dengan delegasi-delagasi dari berbagai negara di dunia. Ga cuma itu, ikut international conference juga sangat membantu kita untuk membangun network, apalagi, delegasi-delegasi yang dateng (di HPAIR) biasanya dari universitas-universitas terbaik di dunia, seperti Harvard University, Columbia University, LSE, MIT, dan sebagainya. Di sini, juga sebagai ajang kita untuk ketemu orang-orang hebat yang merupakan pembicara di konferensi tersebut.

Conference HPAIR kali ini, mengundang banyak pembicara-pembicara hebat, seperti David Steel, Executive Vice President of Samsung, Ravi Karkara, Deputy Executive Director of UN Women, Norman C.T Liu, Chairman of GE Capital Aviation Services, dan masih banyak lagi.

David Steel, Executive Vice President of Samsung

Setiap delegasi di sini juga akan dibagi per-track sesuai minat masing-masing. Karena tahun lalu aku udang ngambil track Humanitarian Affairs, tahun ini aku masuk di Health and Social Policy. Surprisingly, delegasi di track aku mayoritas adalah anak kedokteran. I think I was the only one dari background public relations. Tapi, dari track itu, aku jadi banyak belajar tentang kesehatan dan kebijakan sosial di berbagai negara yang sebelumnya belum banyak aku ketahui.

presentasi case studies

Seperti biasa, schedule pada conference kali ini ada sesi plenary, panels, dan case studies. Di sesi case studies, kita bakal dibagi jadi beberapa kelompok untuk ngerjain case, di hari terkahir kita bakal presentasi tentang solusi kita. Nah, nanti di closing ceremony bakal diumumin group yang menang dari setiap track. Hadiahnya bagus-bagus! Ada yang magang di Deloitte, Liberty Asia, dapet cell phone, dll.

Closing Ceremony HPAIR

Biasanya, acara yang paling ditunggu  semua delegasi adalah ketika international night dan entertainment night. Karena, kita bisa tampil untuk memperkenalkan budaya negara kita dan bisa liat penampilan dari negara lain juga di international night. Sedangkan pada entertainment night, kita bisa semakin mengenal delegasi lain dan bisa pake baju-baju fancy, hehe.

Nah, itu dia pengalamanku ikut international conference di Harvard University, Amerika. Yuk, mumpung masih muda, cari pengalaman dan raih prestasi  sebanyak-banyaknya! Semoga pengalamanku ini menginspirasi kalian ya, generasi muda 😀

Next, aku akan cerita liburan ku extend setelah conference di Amerika 🙂 See ya!

 

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *