Liburan ke Belanda Lagi

Summer 2014, aku dan keluargaku berlibur ke Eropa. Well, sebenernya mau nganter kakakku yang mau ngambil master di Belanda. Tapi yaa karena udah di Eropa, sayang kalo ga ke negara lainnya.

Kami berangkat dengan maskapai Garuda Indonesia. Kenapa Garuda Indonesia? Karena mereka punya penerbangan langsung Jakarta-Amsterdam. Jadi, ga pake transit. Cepet banget, cuma 13 jam. Biasanya kan kalo pake transit bisa sampe 18 jam-an. Selain itu, Garuda Indonesia pelayannya bagus banget. Sebagai orang Indonesia, aku merasa nyaman dilayani sama pramugari-pramugari orang Indonesia. Garuda Indonesia juga udah masuk Skyteam sejak beberapa tahun yang lalu, yang bikin aku tambah percaya pake maskapai ini. Kebetulan, papa sama mamaku pengguna Garuda juga. Setiap kali dinas ke luar kota atau keluar negeri, pasti pakenya Garuda. Jadi, mileage atau point penerbangannya banyak. Mereka akhirnya bisa terbang dengan Business Class gratis!

Sampe di Amsterdam, kami dijemput oleh temen papaku yang kerja di Sekolah Indonesia Nederland (SIN). Kebetulan, papaku juga ada urusan di SIN, jadi kita langsung ke sana.

Sampe di SIN, kami dijamu di asramanya untuk makan siang. Aku sebenernya udah pernah ke sini tahun 2012. Waktu itu ada field trip dari sekolahku. Dulu sih banyak temen-temenku di SIN, tapi sekarang udah pada balik ke Indonesia. SIN lokasinya di Wassenaar.

Sekolah Indonesia Nederland

Di Belanda, kami nginep di hotel yang deket city center. Tapi aku lupa nama hotelnya apa. Tapi singet aku lumayan affordable ^^

Besoknya, kami sekeluarga berangkat ke Maastricht untuk nganter kakakku. Dia bakal ngelanjutin S2 di Maastricht University. Lumayan jauh dari Amsterdam ke Maastricht. Sekitar 3 jam-an.

Maastricht

Kami nginep 1 malam di Maastricht di Hotel Buitenplaats  Vaeshartelt. Hotelnya bagus! Design-nya victorian gitu. Permalemnya juga ga mahal di sini, cuma $50.

Hotel Buitenplaats Vaeshartelt

Hotel Buitenplaats Vaeshartelt

Paginya, kami langsung kembali ke Amsterdam. Ga banyak yang di-explore di Maastricht soalnya emang cuma mau nganter kakakku aja.

Sampe di Amsterdam, kami jalan-jalan di city centre-nya. Kami ga banyak jalan-jalan karena udah ke dua kalinya ke sini. Jadi mau nikmatin aja suasana kotanya.

Oh iya, kalo ke Amsterdam jangan lupa naik canal cruise-nya. Harga tiket canal cruise sekitar 16 Euro. Nanti kita bisa naik canal cruise keliling Amsterdam. Kayak di film The Fault in Our Stars. >.<

Cana Cruise

Selain itu, kalo ke Amsterdam bisa juga nyobain ke Madame Tussauds nya. Harganya skitar 32 Euro untuk dewasa dan 27 Euro untuk anak-anak.

Amsterdam City Centre

Amsterdam

Nah, kalo ke Belanda jangan lupa buat ke Den Haag ya! Di sana tempat KBRI berada. Kalo mau jalan-jalan, ada salah satu tourist attractions yang unik banget, yaitu Madurodam! Ini semacam taman miniatur gitu. Dijamin suka deh kalo ke sini. Bagus banget! Harga tiketnya 16.50 Euro.

Madurodam

Oh iya, jangan lupa juga buat ke Volendam kalo di Belanda ya! Volendam itu kotanya para nelayan. Lokasinya juga di deket laut. Kotanya cantik banget! Banyak restoran dan toko-toko. Daan, biasanya orang Indonesia kalo ke sini foto pake baju tradisional Belanda! Harganya 7.50 Euro per-orang.

Foto dengan baju traditional Belanda

Di Volendam juga banyak toko-toko souvenir. Yang mau beli oleh-oleh, di sini tempatnya cukup recommended.

Beli oleh-oleh

Beli oleh-oleh

Beli oleh-oleh

Volendam

Rumah-rumah di Volendam juga unik-unik! Rumahnya sebenernya mirip-mirip, yang ngebedain adalah warna pintunya. Karena katanya kalo nelayan pada pulang, mereka bisa bedain rumahnya dari warna pintunya 🙂

Rumah di Volendam

Nah, itu dia ceritaku jalan-jalan di Belanda! Next post, aku akan cerita tentang pengalamanku menjelajah negara Eropa lainnya! See ya!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *