Apply Visa Inggris

Apply visa turis Inggris itu, kalo menurutku sangat sulit dan ribet. Karena, form pengisian visa yang pertanyaannya super banyak, salah sedikit aja bisa ditolak visa kita. Biaya pembuatan visa pun juga mahal dibandingkan visa lainnya, sekitar 1,5 juta. Apply visa Inggris ga di kedutaan Inggris, melainkan di VFS. Semacam lembaga yang mengatur proses pembuatan visa. Beberapa negara udah pake VFS untuk pembuatan visa, yang mana VFS, menurutku, hanya mempersulit proses pembuatan visa. Dokumen yang harus dikumpulkan itu super banyak, pembuatan visa memakan waktu selama 3 minggu which is lama banget, dan mahal. Selain itu, petugas VFS di sana tidak informatif. Bukannya mereka gamau ngasih informasi, tapi memang itu peraturan dari VFS, kalo petugas VFS dilarang berbicara selain di loket, soalnya mereka pun diawasi sama managernya. Intinya, ga boleh kebanyakan ngasih informasi ke si pelamar visa.

Sebelum ke VFS, kita akan diminta untuk membuat appointment di VFS. Bikin appointment-nya langsung di website-nya //www.gov.uk/government/organisations/uk-visas-and-immigration Oh iya, hampir sema dokumen harus di-translate ke bahasa Inggris. Karena, mereka akan ngirim dokumen kita ke British Embassy di Manila. Ini dia, alezan kenapa pembuatan visa Inggris itu lama.

Berikut ini merupakan dokumen penting yang harus dikumpulkan untuk pembuatan visa turis Inggris:

  1. Form visa yang telah diisi secara online //www.gov.uk/government/organisations/uk-visas-and-immigration
  2. Passport yang masih berlaku (min 6 bulan) dan passport sebelumnya (jika ada)
  3. Uang untuk pembayaran visa (akan dibayar langsung di loket)
  4. Rekening koran (saldo minimal 60 juta) (bisa rekening koran orang tua)
  5. Surat keterangan kerja/pelajar dalam bahasa Inggris (Intinya yang menyatakan kalo kita akan balik ke Indonesia)
  6. Kartu Keluarga dalam bahasa Inggris
  7. Akta lahir dalam bahasa Inggris
  8. Bukti reservasi tiket pesawat
  9. Bukti reservasi hotel
  10. Foto tidak diperlukan. Karena, nanti kita akan difoto di VFS-nya.

Bisa dilihat langsung dokumen yang perlu dilengkapi di website-nya. Here’s the link: //www.gov.uk/government/uploads/system/uploads/attachment_data/file/549692/Visitor_Supporting_Documents_Guide_-_English_version.pdf

Berikut merupakan tips apply visa Inggris:

  1. Isi form dengan teliti dan hati-hati. Ada salah sedikit bisa ditolak.
  2. Jangan pake agen. Karena, kalo bukan kita sendiri yang ngisi form, kalo ada kesalahan bisa ditolak visanya. Usahakan ISI FORM SENDIRI.
  3. Traslate semua dokumen ke bahasa Inggris. (Kecuali rekening koran) Karena, bisa jadi kemungkinan ditolak karena dokumen dalam bahasa Indonesia.
  4. Dateng ke VFS jangan kepagian. Karena, kita baru boleh masuk, 5 menit sebelum jadwal appointment.
  5. Matikan hp sebelum masuk ke dalem VFS.
  6. Pake baju casual tapi rapih.

Setelah kita apply, kita akan mendapatkan email dari VFS sebagai notifikasi. Begitu pun setelah 3 minggu, kita akan dapet email notifikasi bahwa visa kita sudah dapat diambil.

TAPI saya sempat ditolak!

Visa Inggris ditolak. Gimana ceritanya? Jadi gini, papa-ku 10 tahun yang lalu apply visa Inggris. TAPI, yang ngiri form-nya adalah sekretarisnya. Kemudian, pada bagian pertanyaan “Do you have any dependent child?” Kemudian dia mengisi dengan jawaban “No” WADUHHHHHH. Ini dia masalahnya. Kedutaan Inggris punya sistem “throwback”. Karena aku melamar visa dengan menyatakan disponsori papa-ku, sedangkan di form visa yang dulu secara tidak sengaja tertulis tidak punya anak yang ditanggung, maka jadi-lah aku dan adik-ku ditolak visa-nya.

Ketika visa ditolak, down sudah pasti. Apalagi aku udah beli tiket pesawat (karena waktu itu lagi murah). Selain itu, kalo visa ditolak, akan memberikan noda terhadap travel history kita. Next time aku mau apply visa ke negara lain, aku harus bilang kalo udah pernah ditolak. Kalo bohong, nanti kita bisa di ban sama negara tersebut.

Tapi, untungnya kedutaan Inggris Manila tidak memberikan cap penolakan pada passport-ku. Jadi, passport ku masih suci, belum ternodai. Yaa walaupun sejarah travel nya sudah jelek.

TAPI, aku tidak menyerah!

Selama seminggu aku berusaha apply visa Inggris lagi. Aku baca baik-baik di surat penolakan alesan aku ditolak. Oke, aku langsung bikin surat pernyataan dari papa-ku yang menyatakan kekeliruannya dalam mengisi form visa pada tahun 2010, kemudian surat pernyataan dari mama-ku bahwa papa-ku keliru, dan memang beliau adalah ayah dari ke dua anaknya. Daan aku juga sertakan foto-foto keluarga dan foto-foto aku dan papa-ku dari kecil sampe gede. Sebagai bukti kalo GUE ANAK BAPAK GUE :’)

Akhirnya, karena sudah mepet dengan waktu keberangkatan, terpaksa aku dan adik-ku pake priority, which is pembuatan visa yang proses-nay cuma 3 hari. MAHAL! 3 juta lebih 🙁 Tapi yaa mau gimana lagi. Ini namanya cobaan :”(

3 hari berlalu, kemudian adik-ku datang ke VFS mengambil passport kami berdua, Daaan…. YEAY! kami dapet Visa Inggris!!! Akhirnya, jadi juga liburan ke Inggris!

Pokonya, kalo visa ditolak, pesenku, jangan menyerah! Ini cuma cobaan sementara aja. hehe

 

Semoga tulisanku tentang visa Inggris ini membantu ya! Next, aku akan cerita tentang liburan musim panas di Inggris!

69 replies
  1. Nansky
    Nansky says:

    Hai mba..salam kenal,blog nya keren sgt bermanfaat.Boleh tanya klo visa uk ditolak ngajuin lagi nya bgmn yah?buat akun baru atau pake akun lama tp nambah application?

    Reply
    • admin
      admin says:

      Halo, makasih banyak sebelumnya ya 😀 Maaf juga baru balas. Kalau saya, tetap pakai akun yang lama dengan application yang sama. Cuma, kamu perbaiki lagi apa yang kurang dan tambahkan data serta dokumen yang dibutuhkan, sesuai alasan kenapa kamu ditolak.

      Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *