Apply Visa Amerika

Apply visa ke Amerika sebenernya gampang. Interview-nya ga lama, visa-nya keluar cepet, cuma 3 hari, dan berlaku 5 tahun untuk visa turis. Tapi, dari beberapa sumber yang aku baca, karena udah banyak aksi teror dimana-mana, Presiden Trump mau memperketat proses pembuatan visa.

Jadi,  di sini, aku akan kasih tau langkah-langkah dan tips bagi kalian yang mau apply atau bikin visa Amerika.

  1. Isi form DS-160. Kalian bisa isi form-nya di website id.usembassy.gov
  2. Bayar application fee dan sign up buat interview
  3. Siapin semua document yang diperlukan. (Passport baru & lama, foto 5×5, travel itinerary, rekening koran, invitation letter dari USA, dan dokumen-dokumen lainnya yang menunjukkan kalo kalian akan kembali ke Indonesia)

Tips:

  1. Isi form DS-160 dengan benar. Jangan sampe ada informasi yang salah. Kalo ada 1 informasi aja yang salah, bisa ditolak visa kalian.
  2. Kalo mau foto buat visa, usahain foto di tempat yang emang udah biasa ngurus foto untuk visa. Kayak misalnya di Jalan Sabang. Di sana, banyak tempat studio foto untuk visa.
  3. Usahain dateng ke kedutaan Amerika jangan lebih dari 30 menit sebelum interview mulai. Soalnya ga bakalan dibolehin masuk. Nunggunya juga di luar kedutaan.
  4. Pake baju ga perlu formal banget, yang penting sopan.
  5. Bawa passport lama itu penting. Karena kalo kalian udah banyak ke negara lain, maka mereka bakal lebih percaya ngasih visa ke kalian
  6. Pas interview jangan keliatan nervous. Bawa santai aja. Jawab jujur, sesuai seperti yang ditulis di DS-160. Interview nya bukan yang duduk atau gimana-gimana. Cuma 5 menit, berdiri di depan loket.

Baru deh, kalo kalian qualified untuk dapet visa, kalian bakal dikasih kertas putih dimana ada informasi mengenai pengambilan visa.

Nanti, pas udah sampe di bandara di USA,  American costumes officers-nya bakal ada additional round of  our behind-the-scenes screening. Untuk memastikan identitas kita lagi.

Upon arrival, you are questioned by customs officers and may be screened again. ^^

Untuk lebih lengkapnya, bisa diliat persyaratannya di website-nya langsung: //id.usembassy.gov

Nah, itu dia tips dari aku untuk apply visa turis ke Amerika. Good luck guys!

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *